Peduli Nasib Etnis Uyghur, Digelar Uyghur Art Month

IMG-20211214-WA0011

Indonesian News

Peduli untuk meningkatkan kesadaran terhadap praktik kejahatan kemanusiaan terhadap Uighur, digelar Lomba : Uyghur Art Month.

” Uyghur Art Month merupakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat Indonesia tentang kejahatan yang dilakukan oleh otoritas Tiongkok terhadap Muslim Uyghur. Menghentikan semua kegiatan genosida dan menutup kamp konsentrasi di Xinjiang yang melanggar hak asasi manusia (HAM) dalam bentuk pameran karya. Pameran ini juga dikhususkan untuk menyadarkan masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim, supaya mereka terbuka hatinya terhadap apa yang (masih) terjadi pada saudara-saudari Uyghur di dalam kamp konsentrasi Xinjiang. Secara keseluruhan, Kami bertujuan untuk menekan pemerintah dan lembaga-lembaga besar untuk berbicara menentang genosida,” tegas Perwakilan Penyelenggara, Nafisah NY, Senin (13/12/2021).

Target event ini adalah menyebarluaskan kebenaran melalui seni seluas-luasnya karena pihaknya menganggap bahwa seni berupa salah satu wadah terbaik untuk mewartakan kenyataan yang tidak nyaman untuk diterima melalui berkarya.

Dengan berkarya, diharapkan semua pihak bisa berkontribusi memberikan suara kepada mereka yang dibungkam. Dengan berkarya, bisa berkontribusi terhadap pewartaan kebenaran mereka yang masih ditindas. “Dengan berkarya, Kita bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia agar Kita bisa bersatu untuk menuntut keadilan bagi saudara saudari Kita, Kaum Uyghur,” ungkapnya.

Pihak yang terlibat dalam Event ini yakni grup IndonesiaSaveUyghur, terdiri atas kolektif masyarakat umum. Juga didukung penuh oleh Uyghur Human Rights Project, yaitu organisasi kemanusiaan yang berfokus pada pelanggaran HAM terhadap kaum Uyghur.

Rencana setelah menyelenggarakan UyghurArtMonth melalui media online, pihaknya akan mengadakan pameran offline untuk menyalurkan suara untuk kaum Uyghur secara langsung.

Ia menjelaskan kondisi Uyghur terkini.
“Kabar baiknya adalah pengadilan Uyghur baru saja beberapa hari lalu memutuskan bahwa kejahatan yang dilakukan terhadap Uyghur adalah genosida. Untuk itu, Kami memiliki kewajiban untuk berbicara dan Kami juga harus menekan pemerintah dan lembaga di negara Kita sendiri untuk berhenti bersikap bungkam. Kami percaya bahwa jika umat dapat bersatu untuk tujuan ini, Kami memiliki kekuatan untuk menghentikan penghancuran Kaum Uyghur. Perjuangan Kita untuk kaum Uyghur belum cukup sampai disini. Belum cukup sampai Desember 2019 lalu. Masih banyak kebenaran yang masih dibungkam. Mari Kita terus bersuara dan doakan saudara-saudari Kita yang masih dirampas haknya sebagai manusia,” tutup Nafisah NY.

UYGHUR ART MONTH

TIMELINE

  1. Pengumpulan karya : 10 Desember – 24 Desember 2021
  2. Penjurian : 26 Desember – 30 Desember 2021
  3. Pengumuman Pemenang : 31 Desember 2021

TEMA PILIH SALAH SATU :

  • Uyghur dilarang Beribadah
  • Solidaritas terhadap Uyghur
  • Kekerasan di dalam Kamp
  • Uyghur Tidak Baik-Baik Saja

HADIAH
Karya terbaik 1: Rp 500.000 + e-sertifikat + Buku JTX + Topeng #Save Uyghur Mini Doppa Uyghur 2pcs

Karya terbaik 2: Rp 300.000 + e-sertifikat + Buku JTX + Topeng #SaveUyghur, Mini Doppa Uyghur 2pcs

Karya terbaik 3 : Rp 250.000, Mini
Rainbo.opat Sertifikate # Buku JTX + Topeng #SaveUyghur, 2pcs

Karya favorit : Rp 200.000 + e sertifikat + Buku JTX + Topeng #Save Uyghur
Mini Doppa Uyghur 2pcs

Karya favorit berdasarkan jumlah likes di akun Instagram @Indonesia Save Uyghur

Seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat

KETENTUAN SUBMISI :

  1. Karya yang dibuat merupakan karya yang berisi tentang aksi pembelaan atau isu terkini terhadap Uyghur.
  2. Karya yang dikirimkan dapat berupa karya manual atau digital.
  3. Karya tidak boleh mengandung SARA dan tidak bertentangan dengan norma yang berlaku.
  4. Peserta dapat menyertakan tanda
    tangan/watermark pada ilustrasi untuk
    menunjukkan keaslian gambar.
  5. Ukuran gambar dapat menyesuaikan ukuran rasio posting feed Instagram (rasio 1:1 min. 300px).
  6. Media seni dapat berupa digital, lukisan, kolase, dll.
  7. Untuk mengikuti lomba, peserta wajib daftar melalui link tertera di poster dan mengunggah karya di akun IG pribadi, tag @IndonesiaSaveUyghur dengan menggunakan hashtag #BerkaryaUntuk Uyghur
  8. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Link pendaftaran:
bit.ly/UyghurArt Month

Pemenang akan diumumkan melalui media sosial Indonesia Save Uyghur. Narahubung: Nadia (081314857844). (had)